Memahami makna ibadah haji, membutuhkan pemahaman secara
khusus sejarah Nabi Ibrahim dan ajarannya, karena
praktek-praktek ritual ibadah ini dikaitkan dengan
pengalaman-pengalaman yang dialami Nabi Ibrahim as. bersama
keluarga beliau. Ibrahim as. dikenal sebagai "Bapak para
Nabi", juga "Bapak monotheisme," serta "proklamator keadilan
Ilahi" kepada beliaulah merujuk agama-agama samawi terbesar
selama ini.
Para ilmuwan seringkali berbicara tentang penemuan-penemuan
manusia yang mempengaruhi atau bahkan merubah jalannya sejarah
kemanusiaan. Tapi seperti tulis al-Akkad,
"Penemuan yang dikaitkan dengan Nabi Ibrahim as. merupakan
penemuan manusia yang terbesar dan yang tak dapat diabaikan
para ilmuwan atau sejarawan, ia tak dapat dibandingkan dengan
penemuan roda, api, listrik, atau rahasia-rahasia atom betapa
pun besarnya pengaruh penemuan-penemuan tersebut, ... yang itu
dikuasai manusia, sedangkan penemuan Ibrahim menguasai jiwa
dan raga manusia. Penemuan Ibrahim menjadikan manusia yang
tadinya tunduk pada alam, menjadi mampu menguasai alam, serta
menilai baik buruknya, penemuan yang itu dapat menjadikannya
berlaku sewenang-wenang, tapi kesewenang-wenangan ini tak
mungkin dilakukannya selama penemuan Ibrahim as. itu tetap
menghiasi jiwanya ... penemuan tersebut berkaitan dengan apa
yang diketahui dan tak diketahuinya, berkaitan dengan
kedudukannya sebagai makhluk dan hubungan makhluk ini dengan
Tuhan, alam raya dan makhluk-makhluk sesamanya ..."
"Kepastian" yang dibutuhkan ilmuwan menyangkut hukum-hukum dan
tata kerja alam ini, tak dapat diperolehnya kecuali melalui
keyakinan tentang ajaran Bapak monotheisme itu, karena apa
yang dapat menjamin kepastian tersebut jika sekali Tuhan ini
yang mengaturnya dan di lain kali tuhan itu? Dengan demikian
monoteisme Ibrahim as. bukan sekedar hakikat keagamaan yang
besar, tapi sekaligus penunjang akal ilmiah manusia sehingga
lebih tepat, lebih teliti lagi, lebih meyakinkan. Apalagi
Tuhan yang diperkenalkan Ibrahim as. bukan sekedar tuhan suku,
bangsa atau golongan tertentu manusia, tapi Tuhan seru
sekalian alam, Tuhan yang imanen sekaligus transenden, yang
dekat dengan manusia, menyertai mereka semua secara
keseluruhan dan orang per orang, sendirian atau ketika dalam
kelompok, pada saat diam atau bergerak, tidur atau jaga, pada
saat kehidupannya, bahkan sebelum dan sesudah kehidupan dan
kematiannya. Bukannya Tuhan yang sifat-sifat-Nya hanya
monopoli pengetahuan para pemuka agama, atau yang hanya dapat
dihubungi mereka, tapi Tuhan manusia seluruhuya secara
universal.
Ajaran Ibrahim as. atau "penemuan" beliau benar-benar
merupakan suatu lembaran baru dalam sejarah kepercayaan dan
bagi kemanusiaan, walaupun tauhid bukan sesuatu yang tak
dikenal sebelum masa beliau, demikian pula keadilan Tuhan,
serta pengabdian pada yang hak dan transenden. Namun itu semua
sampai masa Ibrahim bukan merupakan ajaran kenabian dan
risalah seluruh umat manusia. Di Mesir 5.000 tahun lalu telah
dikumandangkan ajaran keesaan Tuhan, serta persamaan antara
sesama manusia, tapi itu merupakan dekrit dari singgasana
kekuasaan yang kemudian dibatalkan oleh dekrit penguasa
sesudahnya.
Ibrahim datang mengumandangkan keadilan Ilahi, yang
mempersamakan semua manusia dihadapan-Nya, sehingga betapa pun
kuatnya seseorang. Ia tetap sama di hadapan Tuhan dengan
seseorang yang paling lemah sekali pun, karena kekuatan si
kuat diperoleh dari pada-Nya, sedangkan kelemahan si lemah
adalah atas hikmah kebijaksanaan-Nya. Dia dapat mencabut atau
menganugerahkan kekuatan itu pada siapa saja sesuai dengan
sunnah-sunnah yang ditetapkan-Nya.